Belajar Bahasa Bali | Pengenalan

Melajah Bahasa Bali | Pengenalan


KEYWORD :

belajar bahasa bali, bahasa dalam dalam sehari hari, pembagian bahasa bali, soroh bahasa bali, learn balinese from zero, how to speak balinese, balinese conversations, daily use of balinese, learn balinese language, learn to speak balinese

CONTENT :

Halo semuanya ~~

Artikel ini akan berisikan pelajaran untuk bisa berbicara bahasa bali dan artikel ini akan berseri hingga seri tertentu.
Artikel ini saya buat dengan tujuan dan harapan semua orang bisa belajar dan menggunakan bahasa bali serta untuk menjaga salah satu bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Artikel ini saya buat berdasarkan ingatan saya dan catatan-catatan saya serta referensi dari berbagai sumber, dan bilamana dalam artikel ini terdapat kesalahan saya mohon permakluman serta koreksi supaya artikel ini menjadi lebih bagus dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Sedikit cerita dari saya, bahasa Bali menurut saya adalah bahasa yang unik. Mengapa ? Karena dalam bahasa Bali terdapat pembagian atau penggolongan tatacara berbicara dan kata-kata, dan itu semua diklasifikasikan berdasarkan kepada siapa kita berbicara. Maksud dari kepada siapa kita berbicara adalah apakah lawan bicara kita seseorang yang lebih tua dari kita, seorang pejabat, seorang tokoh, seorang yang kastanya lebih tinggi, dan apakah orang itu merupakan orang yang kita hormati. Selain itu dalam bahasa Bali pada umumnya jika kita berbicara mengenai diri kita, maka pemilihan kata-katanya adalah kata-kata yang termasuk kedalam kelas "sor" atau merendahkan atau humble posisi kita bukan merendahan diri ya.

Aksara Bali Huruf Bali Balinese Font

Selain itu dalam bahasa Bali atau lebih tepatnya dalam penulisan menggunakan aksara Bali atau huruf Bali setiap huruf berakhiran dengan huruf hidup atau vokal (a, i, u, e, o, e) dan berikut aksara Bali atau huruf Bali atau Balinese font atau biasa disebut dengan "hanacaraka":
"ha/a, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, ma, ga, ba, nga, pa, ja, ya, nya", bilama kita mau membuat sebuah kata dengan akhiran huruf mati atau konsonan maka terdapat beberapa cara salah satunya adalah dengan "ngematiang" atau "mematikan" huruf terakhir dengan tanda "tedong" yang bentuknya seperti tanda tanya. Serta tidak dikenalnya huruf-huruf seperti "f, z, x, v, q" akan tetapi huruf tersebut dapat diganti dengan huruf dengan penyebutan yang hampir sama misal "f" diganti dengan "p", "z" diganti dengan "s", "x" diganti dengan "k", "v" diganti dengan "p", dan "q" diganti dengan "k".

Logat Atau Aksen

Dari semua keunikan bahasa Bali, keunikan yang paling menarik perhatian saya yaitu aksen atau "logat" orang yang berbicara. "Logat" tersebut dapat berbeda-beda tergantung darimana asal orang tersebut, logat yang saya ketahui ada beberapa seperti logat Badung, Buleleng, Tabanan, Gianyar, Karangasem, Bangli, dan Negara. Seseorang tidak hanya dapat memiliki satu logat, melainkan bisa memiliki atau lebih tepatnya menggunakan lebih dari satu logat. Mengapa seseorang dapat memiliki lebih dari satu loga ? Pada umumnya karena orang tersebut adalah keturunan dari orangtua yang memiliki logat-logat yang berbeda, selain itu juga dapat dipengaruhi oleh teman sepergaulan, lingkungan dan sebagainya.
Saya sendiri dapat menggunakan lebih dari satu logat misalnya saja logat Badung, logat Buleleng, dan sedikit logat Negara serta Gianyar.
Menurut saya pridabadi logat sendiri adalah sesuatu yang unik, karena hanya dengan berbeda logat satu kata memiliki banyak cara pelafalan, selain itu biasanya hanya dari logat seseorang ketika berbicara maka asal orang tersebut dapat ditebak.

Materi Selanjutnya

Penutup 

Baiklah pembaca sekalian, sekian dulu pada artikel ini.
Untuk lebih menyempurnakan artikel ini saya mohon saran dan kritiknya yang dapat disampaikan melalui bagian komentar dan yanglainnya, sehingga saya bisa memperbarui isi dari artikel ini.

Rencana saya selanjutnya, bilamana kedepannya blog ini sudah mendapatkan pengunjung harian dengan jumlah yang saya inginkan dengan stabil, saya akan :
  • Mengganti domain blog ini
  • Membuat halaman "support" yang dapat membantu perkembangan blog ini
  • Menerima artikel dari pembaca sekalian
  • Dan masih banyak lagi
Terimakasih telah berkunjung ~~

Comments

Yang bingung, ada PR, pertanyaan, saran, dan sebagainya silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar ! Untuk yang memerlukan fast respon silahkan hubungi melalui WA di "TANYA PR".